Wednesday, October 24, 2007

Desoekarnoisasi: Delegitimasi yang Tak Tuntas

Desoekarnoisasi: Delegitimasi yang Tak Tuntas
Agus Sudibyo


Kompas/kartono ryadi
TAHUN 1996, Soeharto gelisah. Ia ingin Golkar menang besar dalam Pemilu 1997, namun tak bisa menutup mata dari perkembangan yang terjadi di tubuh Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Saat itu, semakin nyata bahwa PDI menjadi tempat berlabuh bagi kerinduan terhadap figur Soekarno dan segala rupa kekecewaan terhadap rezim Orde Baru. Maka Soeharto pun mengambil jalan pintas, memadamkan pengaruh simbol-simbol Soekarno di tubuh PDI sebelum pemilu berlangsung. Sebuah kongres partai yang prematur kemudian direkayasa, dan tergusurlah Megawati dari pucuk pimpinan partai berlambang kepala banteng itu. Tak lama kemudian, meletus Tragedi 27 Juli 1996 yang akhirnya justru menjadi titik balik dari kebangkrutan rezim Orde Baru.

Ini bukan yang pertama kali rezim Orde Baru berusaha memadamkan pengaruh Soekarno. Hubungan antara Orde Baru dengan Soekarno memang hubungan yang menarik. Sejak awal kepemimpinannya, Soeharto memandang faktor Soekarno sebagai ancaman bagi legitimasi kekuasaannya. Soeharto bukan hanya memaksa Soekarno untuk turun dari kekuasaan, namun juga menggusur kekuatan-kekuatan soekarnois dari panggung pemerintahan dan militer.

Uniknya, setelah Soekarno meninggal pada 21 Juni 1970, situasi tidak semakin membaik bagi Orde Baru. Jasad yang tak berdaya itu justru meninggalkan pengaruh yang semakin merepotkan Orde Baru. Soekarno sebagai institusi politik, ideologi dan sebagai dramatic-person dalam memori kolektif bangsa Indonesia seakan-akan menjadi hantu yang membuat penguasa Orde Baru tak pernah tidur nyenyak. Maka tak henti-hentinya dilakukan usaha untuk memutus mata rantai pengaruh Soekarno dalam kehidupan birokrasi, militer, serta dalam kehidupan masyarakat. Segala sesuatu yang berbau Soekarno selalu dicurigai, ditekan, bahkan kalau perlu diberangus. Rezim Orde Baru secara sistematis dan kontinu menggunakan perangkat-perangkat kekuasaannya untuk melakukan apa yang disebut sebagai desoekarnoisasi.

Karantina politik

Soekarno meninggal dalam status tahanan rumah. Sungguh tragis nasib Sang Proklamator ini di pengujung hidupnya. Ia digiring dalam sebuah karantina politik, diasingkan dari berbagai hal yang membuatnya merasa bermakna, yakni anak-istri, teman seiring, pengikut-pengikut setia, kerumunan massa dan pidato-pidato yang menggairahkan. Bahkan, untuk sekadar menyalurkan hobi berjalan-jalan dan membaca surat kabar pun Soekarno sempat tak diizinkan.

Seperti yang telah diwasiatkan almarhum, keluarga Soekarno hendak memakamkan almarhum di Batu Tulis, Bogor. Namun, sebagai penguasa Orde Baru, Soeharto berkehendak lain. Bagi Soeharto, Bogor terlalu dekat dengan Jakarta dan pemakaman Bung Karno di sana dikhawatirkan suatu hari dapat menimbulkan dampak negatif bagi Orde Baru. Soeharto juga menolak usul pemakaman Bung Karno di taman makam pahlawan di Jakarta. Blitar, nun jauh di sana, tempat asal orangtua Bung Karno, dianggap "aman" untuk memakamkan Putra Sang Fajar.

Upacara pemakaman Soekarno dilaksanakan dengan sederhana dan singkat. Teks pidato pemerintah yang dibacakan Jenderal M Panggabean dibuat sedapat mungkin seimbang dalam menggambarkan kebaikan dan keburukan Bung Karno. Namun, Soeharto juga menunjukkan penghormatannya terhadap Soekarno dengan mengumumkan hari berkabung nasional, sekaligus menggelar upacara pemakaman secara militer.

Dalam hal ini, Soeharto tampak sangat hati-hati dan memperhitungkan benar dampak keputusan yang diambilnya pada momentum kematian Soekarno. Soeharto sadar masyarakat masih banyak yang mengidolakan Soekarno, dan dalam kondisi seperti ini, mengontrol secara ketat proses pemakaman Soekarno dapat menimbulkan gejolak yang tidak menguntungkan. Prioritas Soeharto lebih pada upaya menghindari situasi eksplosif yang bisa muncul akibat suasana emosional di kalangan pendukung Soekarno. Dengan kata lain, Soeharto berusaha untuk mengontrol sekaligus menghormati pengaruh Bung Karno, sebuah taktik yang dipertahankan selama memimpin Orde Baru.

Prediksi Soeharto akan situasi eksplosif itu cukup masuk akal. Kematian Soekarno begitu menggemparkan masyarakat. Ribuan orang berbondong-bondong untuk memberi penghormatan terakhir bagi Soekarno. Media massa memberitakan bagaimana ratusan ribu manusia menyemut di jalan-jalan yang dilalui rombongan jenazah Bung Karno dari Lapangan Udara Bugis Malang, menuju Kota Blitar, Jawa Timur. Harian Kompas (22/6/1970) menggambarkan Kota Blitar yang kecil dan sederhana mendadak sontak menjadi penuh sesak oleh manusia. Orang-orang dari berbagai daerah datang dengan menggunakan mobil, truk, angkutan umum, sepeda motor, sepeda bahkan berjalan kaki untuk menyaksikan pemakaman Soekarno.

Meskipun demikian, masyarakat sesungguhnya menyambut kematian Soekarno dengan gamang. Situasi politik waktu itu membuat masyarakat tidak berani terang-terangan mengekspresikan kesedihan atas meninggalnya Soekarno. Meskipun telah diumumkan hari berkabung nasional, masyarakat Blitar baru berani mengibarkan bendera setengah tiang setelah ada instruksi dari Gubernur Jawa Timur M Noer. Mereka berani keluar rumah, bergerombol dan memperbincangkan apa yang terjadi setelah orang-orang dari luar daerah berdatangan untuk menyaksikan pemakaman Soekarno. (Kompas, 23/06/70)

Suasana serupa juga terjadi di Jakarta. Warta Minggu (5/7/70) memberitakan sedikit sekali pejabat tinggi, pemimpin masyarakat, instansi atau perusahaan yang berani memasang iklan belasungkawa di surat kabar. Warta Minggu mencatat mereka yang berani memasang iklan duka cita adalah DPP PNI, DPP IPKI, Keluarga Yayasan Rehabilitasi Sosial BU NALO, Keluarga Sudarmoto Djakarta, PT Hotel Indonesia Internasional, Brigdjen H Sugandhi, DPP Djamiatul Muslimin Indonesia, DPP GMNI, Fraksi PNI DPR GR dan PPK Kosgoro. "Jang lain2 mungkin 'tidak berani' pasang iklan, atau tidak melihat keuntungannja jang njata," tulis Warta Minggu.

Setelah Soekarno wafat, represi terhadap hal-hal yang berbau Soekarno justru semakin meningkat. Pada awal dekade 1970-an, diskusi tentang Bung Karno sangat dibatasi. Sebuah larangan tak resmi diberlakukan terhadap publikasi tulisan-tulisan politik Bung Karno. Nama presiden pertama Indonesia ini jarang, atau bahkan tidak pernah sama sekali, disebut-sebut oleh unsur-unsur rezim Orde Baru. Meskipun keyakinan bahwa Soekarno adalah perumus Pancasila begitu mengakar kuat dalam skema pemahaman mayoritas bangsa Indonesia, referensi yang mengaitkan Bung Karno dengan Pancasila hampir sepenuhnya diingkari oleh pemerintahan Orde Baru.

Praktik desoekarnoisasi itu merupakan kontinum dari politik yang dijalankan Orde Baru pada saat-saat sebelumnya. Konsolidasi politik pasca-G30S/1965 bukan hanya dilakukan dengan membersihkan tubuh birokrasi dan militer dari unsur-unsur PKI dan simpatisannya, namun juga dari unsur-unsur soekarnois. Amputasi politik dalam skala masif dialami kalangan loyalis Soekarno di berbagai tingkatan birokrasi dan militer. Ada yang sekadar digeser posisinya, dipecat, dipenjarakan, bahkan ada yang turut dilenyapkan dalam huru-hara politik yang penuh darah itu.

Lewat fusi paksa selepas tahun 1973, PNI sebagai simbol kelembagaan yang paling langsung dari Soekarno, dipaksa meleburkan diri dalam wadah yang justru lebih sempit, Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Orang-orang PNI yang masih Soekarnois tak diberi pilihan lain, bahkan teror-teror langsung dan sistematis dialami aktivis-aktivis PNI di pusat dan terutama sekali di daerah yang berusaha melakukan perlawanan.

Rezim Orde Baru juga sempat melarang penggunaan gambar dan simbol Soekarno dalam kampanye Pemilu 1987, meskipun pelarangan ini terbukti tidak efektif. Pelarangan gambar Soekarno ini merupakan ekspresi permukaan dari tindakan sistematis rezim Orde Baru untuk menggunakan status legal-formalnya guna menyudahi eksistensi Soekarno sebagai ideologi dan institusi politik. Demikian juga ketika Orde Baru menghalangi usaha Rachmawati Soekarno untuk mendirikan Universitas Bung Karno tahun 1984. Yang terakhir dan paling fenomenal, rezim Orde Baru secara kasar menggusur Megawati Soekarnoputri dari pucuk pimpinan PDI tahun 1996.

Pancasila dan
Bung Karno

Khalayak nasional pernah dibikin heboh oleh artikel berjudul Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara di Sinar Harapan, 3 Agustus 1981. Artikel ini ditulis Nugroho Notosusanto yang ketika itu sebagai Kepala Pusat Sejarah Militer ABRI. Dalam artikelnya, Nugroho menyatakan Soekarno bukan orang pertama yang merumuskan lima prinsip Pancasila. Menurut Nugroho, perumus utama Pancasila adalah Muhammad Yamin, Supomo, baru kemudian Soekarno. Peran Soekarno hanyalah dalam hal memunculkan istilah Pancasila. Bertolak dari premis ini, Nugroho juga menggugat keabsahan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahirnya Pancasila.

Menarik untuk dicatat, premis yang merupakan reevaluasi terhadap sejarah Pancasila ini paralel dengan perubahan kebijakan rezim Orde Baru. Soeharto kemudian menghapus peringatan lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni, dan melarang semua bentuk peringatan pada tanggal itu. Meskipun menimbulkan keberatan dari berbagai pihak, rezim Orde Baru secara terang-terangan justru mengabsahkan premis Nugroho. Tahun 1982, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan artikel Nugroho itu menjadi sebuah booklet 69 halaman yang dijadikan bacaan wajib bagi para guru pengajar pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP).

Ada hal yang kurang relevan dalam tulisan Nugroho. Perumusan Pancasila adalah proses sejarah yang terjadi tahun 1945, namun Nugroho menghubung-hubungkannya dengan apa yang terjadi pada dekade 1960-an. Nugroho menegaskan, generasi muda perlu diberi tahu pengalaman sejarah Orde Lama di mana ideologi marxisme-leninisme berkembang, agar mereka tidak mengulangi salah langkah pada masa itu, semata-mata hanya karena tidak tahu. Nugroho juga melihat pencabutan kekuasaan pemerintahan dari Soekarno oleh MPRS tahun 1967 adalah "faktor yang menjulang tinggi" di dalam persoalan pengamanan Pancasila dari ancaman ideologi marxisme-leninisme sebagaimana yang dimaksud oleh Ketetapan MPRS No XXV/ MPRS/1966.

Selanjutnya, menurut Nugroho, penghormatan terhadap jasa-jasa Soekarno seharusnya tidak membutakan mata masyarakat terhadap "kenyataan bahwa selama zaman Orde Lama itu, Bung Karno memberikan keleluasaan bergerak kepada PKI, dan bahkan mendukung partai itu dengan menyingkirkan kekuatan-kekuatan Pancasilais yang dapat mengimbangi kaum komunis..."

Perlu dipertanyakan apa relevansi ditampilkannya "tafsir" sejarah itu. Sebab Nugroho tidak sedang berbicara tentang ancaman komunisme terhadap Pancasila, atau "kesaktian" Pancasila dalam menghadapi berbagai rongrongan. Proses perumusan Pancasila notabene berhenti pada 18 Agustus 1945 ketika PPKI mengesahkan UUD 1945, dan tentu saja berbeda dengan "proses perjalanan Pancasila sebagai dasar negara". Nugroho terlalu jauh masuk dalam pembahasan tentang sepak terjang politik Soekarno sehingga sedikit keluar dari konteks bahasan lahirnya Pancasila.

Di sisi lain, Nugroho juga menegaskan rumusan Pancasila 1 Juni 1945 rentan terhadap ancaman komunisme. Nugroho menunjukkan bagaimana tokoh PKI seperti DN Aidit dan Nyoto pernah menggunakan sila internasionalisme, salah satu sila dalam Pancasila rumusan 1 Juni, untuk mendukung ide-ide komunismenya. Sebuah kesimpulan yang simplistik. Legitimasi atas rumusan Pancasila 1 Juni juga datang dari berbagai pihak, dengan latar belakang dan alasan yang berbeda dengan yang diutarakan tokoh PKI tadi.

Dua minggu setelah artikel Nugroho itu dimuat, Institut Soekarno-Hatta mengumumkan "Deklarasi Pancasila" yang berisi penegasan bahwa tanggal 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila. Deklarasi ini ditandatangani 17 tokoh masyarakat yang sebagian mempunyai latar belakang antikomunis. Mereka di antaranya adalah Jusuf Hasyim (pemimpin PPP), Usep Ranawijaya (pemimpin senior PDI), HR Dharsono (mantan Sekretaris Jenderal ASEAN) dan Jenderal (Purn) Hugeng. Deklarasi ini dibacakan di Monumen Soekarno-Hatta, Jalan Proklamasi Jakarta pada pukul 00.00, 17 Agustus 1981. Sebuah pemandangan yang menarik. Sejumlah tokoh dengan otoritas politik yang tinggi melakukan perlawanan simbolis terhadap seorang ahli sejarah yang baru saja menggugat sebuah versi sejarah. Kompetensi akademis dilawan secara politis.

Dalam kacamata Brooks, tindakan Nugroho di atas mendapat restu pemerintah, sebagai bagian dari usaha untuk menciptakan "keseimbangan" perspektif tentang Soekarno. Peningkatan idealisasi terhadap Soekarno di kalangan loyalis Soekarno dan generasi muda, diimbangi dengan usaha-usaha untuk menegaskan makna penting Soekarno dalam konteks sejarah. Kebangkitan kekuatan nostalgis terhadap Soekarno dan semakin kuatnya mitos-mitos tentang Soekarno sekitar tahun 1978 cukup mengkhawatirkan Orde Baru sehingga Nugroho diinstruksikan untuk melakukan counter dengan menciptakan gambaran-gambaran yang negatif tentang Soekarno.

Meskipun premis-premisnya sempat memicu kontroversi, Nugroho dipromosikan pemerintah menjadi Rektor UI tahun 1982. Setahun kemudian, Nugroho diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam jabatan yang terakhir ini, Nugroho pernah diinstruksikan Soeharto untuk merevisi pelajaran sejarah sekolah dengan menekankan instabilitas politik di era kepemimpinan Soekarno tahun 50-an. Berawal dari sinilah kemudian bermunculan konstruksi-konstruksi unfavourable tentang Soekarno dalam buku teks sejarah.

Konstruksi unfavourable tentang Soekarno diidentifikasi Leigh dalam buku teks Tiga Puluh Tahun Indonesia Merdeka. Buku ini terdiri dari empat volume: volume 1 dan 2 menjelaskan sejarah era kepemimpinan Soekarno. Volume 1 (1945-1949) diawali dengan sampul foto Soekarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan 1945. Dalam kacamata Leigh, foto yang memperlihatkan Soekarno sedang menundukkan pandangannya ini cenderung menafikan kharisma Soekarno. Buku ini terdiri dari 254 halaman dilengkapi dengan foto atau gambar. Namun, foto Soekarno hanya dimunculkan 14 kali dan menurut Leigh rata-rata berupa foto yang sulit diamati karena berukuran kecil atau foto dengan sudut pengambilan yang kurang tepat.

Leigh membandingkannya dengan foto-foto Letkol Soeharto. Di antaranya adalah foto yang menonjolkan wajahnya, serta foto yang menunjukkan dia sedang di tengah-tengah kerumunan prajurit, yang menggambarkan peran pentingnya dalam Serangan Oemoem I Maret 1949 di Yogyakarta. Foto yang lain berupa foto sepenuh halaman Soeharto dengan para veteran perang, serta foto Soeharto dengan Sultan Yogyakarta. Foto-foto ini, menurut Leigh, memperteguh citra Soeharto sebagai militer yang bersih dan sosok pemimpin yang terpercaya.

Periode 1945-1949 merupakan puncak karier Soekarno sebagai negarawan maupun politisi. Namun, eksistensi Soekarno justru dikecilkan atau dikeluarkan dari teks resmi pemerintah yang membahas sejarah periode itu. Eksklusi terhadap eksistensi Soekarno bersandingan dengan inklusi terhadap eksistensi militer di era revolusi fisik, dengan penonjolan peranan Soeharto pada momentum Serangan Oemoem 1 Maret.

Satu fakta yang sangat menarik juga ditemukan Leigh dalam soal-soal ujian untuk materi sejarah tingkat sekolah dasar. Dalam soal-soal pilihan berganda itu, Soekarno ternyata banyak ditempatkan pada pilihan jawaban yang salah untuk pertanyaan-pertanyaan seputar Pancasila, perjuangan melawan penjajah, dan penumpasan pemberontakan pascakemerdekaan. Sebaliknya, Leigh tidak menemukan satu pun soal ujian yang menempatkan nama Soeharto dalam pilihan jawaban yang salah. Fakta ini menurut Leigh dapat berdampak buruk terhadap persepsi siswa terhadap peranan Soekarno maupun Soeharto dalam sejarah.

Komunisme dan Soekarno

Dalam buku Tiga Puluh Tahun Indonesia Merdeka Volume 3. (1965-1974), Leigh mencatat beberapa penyajian yang berdampak buruk terhadap citra Soekarno. Misalnya foto Soekarno dengan pemimpin PKI Aidit, karikatur yang menggambarkan Soekarno menjadi bahan tertawaan mahasiswa berkaitan dengan masalah PKI, serta foto tim dokter dari RRC sedang memberikan perawatan medis kepada Soekarno. Foto-foto ini ditampilkan dalam deskripsi peristiwa G30S/1965.

Dalam buku ini, peralihan kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto dijelaskan dalam term pergantian kekuasaan, dan bukannya dalam term perebutan kekuasaan (coup d'etat). Soekarno dihadirkan sebagai personifikasi Orde Lama yang diidentifikasi dengan instabilitas politik, kemerosotan moral, dan krisis ekonomi. Sebaliknya, Soeharto digambarkan sebagai personifikasi Orde Baru yang berhasil menyelamatkan bangsa dari kondisi-kondisi kacau warisan Orde Lama.

Tahun 1968, Nugroho Notosusanto dan Ismail Saleh meluncurkan buku The Coup Attempt of the September 30 Movement in Indonesia. Buku ini menegaskan kesimpulan rezim Orde Baru bahwa PKI adalah kekuatan di balik peristiwa G30S/1965 yang telah diberi kesempatan Soekarno untuk berkembang pesat pada akhir dekade 50-an dan awal dekade 60-an. Rezim Orde Baru secara implisit menyimpulkan kontribusi Soekarno dalam peristiwa September 1965. Buku ini merupakan reaksi atas buku Ben Anderson dan Ruth McVey berjudul Preliminary Analysis of the October 1, 1965 Coup in Indonesia yang menyimpulkan ABRI sebagai pemain utama dalam peristiwa G30S/1965. Pada tahun 1978, Nugroho juga mengoordinasi penyusunan Buku Putih G30S Tahun 1965 dengan kesimpulan yang sama dengan buku pertama tadi.

Hal yang tak kalah menarik adalah sikap rezim Orde Baru ketika Kolonel (Purn) Soegiarso Soerojo mempublikasikan buku Siapa Menabur Angin Akan Menuai Badai tahun 1988. Buku ini sarat dengan tuduhan bahwa Soekarno seorang
Marxis, komunis, serta terlibat dalam G30S/1965. Menanggapi penerbitan buku ini, Mensesneg Moerdiono dengan tegas menyatakan bahwa secara politik Soekarno memang salah.

"Buktinya ada Tap MPRS tahun 1967, yang mencabut kekuasaannya dan tidak diterima pelaksanaan Nawaksara-nya," ujar Moerdiono. Dengan mengutip hasil Sidang MPRS 1967, Ketua BP-7 Oetoyo Oesman juga menyatakan, "Itulah kesalahan (Soekarno-pen) yang bertautan dengan Peristiwa G30S/PKI. Yakni, kesalahan di bidang politik dan kesalahan yuridis. Dua kesalahan itu yang menyebabkan Soekarno dikoreksi oleh wakil rakyat yang duduk dalam lembaga tertinggi negara MPRS di tahun 1967." Ketika berbagai pihak mempertanyakan keabsahan buku itu, Jaksa Agung Sukarton Marmosudjono menyatakan substansi buku karya Soegiarso itu tidak mengganggu ketertiban umum sehingga tidak perlu dilarang.

Media massa dalam hal ini benar-benar dimanfaatkan rezim Orde Baru untuk melakukan delegitimasi terhadap Soekarno. Namun, media ternyata tak hanya memberi ruang kepada tafsir kebenaran negara tentang seluk-beluk G30S/1965, tetapi juga kepada tafsir-tafsir alternatif. Untuk memenangkan perdebatan di media yang kompetitif itu, tak pelak rezim Orde Baru menempatkan figur yang otoritatif dan berkompeten, seperti terwakili oleh figur Moerdiono, Oetoyo Oesman, dan Sukarton.

"Mikul dhuwur
mendhem jero"

Namun, desoekarnoisasi dalam berbagai bentuknya bukan satu-satunya dimensi dalam sikap politik Orde Baru terhadap Soekarno. Sebab menentukan sikap terhadap Soekarno, ternyata menjadi suatu hal yang dilematis bagi Orde Baru. Terus-menerus mendiskreditkan Bung Karno ternyata bukan pilihan yang tak mengandung risiko. Pada akhirnya, pertimbangan-pertimbangan politislah yang lebih menentukan apakah Orde Baru harus mendelegitimasi atau melegitimasi Soekarno.

Dalam ulang tahun PDI tahun 1978, Ali Moertopo mengumumkan rencana Presiden Soeharto untuk memugar kompleks makam Soekarno di Blitar. Rencana ini menjadi kontroversial dan mengundang kecurigaan karena bertolak belakang dengan perlakuan rezim Orde Baru terhadap Soekarno sebelumnya. Menurut Brooks, ada tiga kemungkinan di balik rencana itu. Pertama, Soeharto benar-benar ingin menghormati Soekarno. Kedua, rencana itu merupakan bagian dari strategi untuk menghadapi Pemilu 1992. Ada kepentingan politis untuk menetralisasi kekecewaan kalangan loyalis Soekarno atas sikap negara Orde Baru terhadap Soekarno sebelumnya. Kekecewaan ini dapat menimbulkan sikap apriori, bahkan antipati terhadap partai pemerintah (Golkar), dan sebaliknya menimbulkan dorongan untuk memilih partai politik yang "berseberangan" dengan pemerintah. Ketiga, rencana yang dapat menimbulkan efek rehabilitasi nama Soekarno bertujuan untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari aksi-aksi protes mahasiswa yang cenderung semakin semarak tahun 1977-1978.

Tahun 1985, nama Soekarno (Hatta) diabadikan sebagai nama bandara udara terbesar di Indonesia. Setahun kemudian, Orde Baru juga mengesahkan Soekarno-Hatta sebagai pahlawan proklamator kemerdekaan RI dan membangun Tugu Proklamator untuk mengenang jasanya. Beberapa pengamat menilai "eforia" Soekarno ini bisa jadi merupakan strategi untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari krisis ekonomi akibat anjloknya harga minyak pada awal dekade 1980-an. Krisis ini dapat melemahkan legitimasi kekuasaan Soeharto pada Pemilu 1987.

Pada titik ini terlihat Soeharto menerapkan dua pendekatan yang berbeda terhadap Soekarno. Ia secara diam-diam berusaha mendiskreditkan Soekarno dan mengontrol pengaruhnya. Ketika taktik ini kurang berhasil, Soeharto berusaha untuk mewarisi popularitas Soekarno dengan menempatkan diri sebagai bagian dari kontinum kekuasaan yang telah digerakkan Soekarno. Kombinasi antara containment dan cooptation ini menjadi ekspresi dasar dari falsafah mikul dhuwur mendhem jero. Soeharto dapat menunjukkan penghormatannya kepada Soekarno sekaligus membelenggu mitologi-mitologi tentang Soekarno dengan selalu menekankan bahwa Soekarno telah melakukan berbagai kesalahan.

Entah ada hubungannya dengan sikap di atas atau tidak, yang jelas desoekarnoisasi tak pernah berakhir tuntas. Romantisisme terhadap Soekarno hingga kini belum sepenuhnya pudar. Simbol-simbol Soekarno masih menjadi sarana yang efektif untuk menggalang massa dalam pemilu. Beberapa jajak pendapat yang dilakukan media massa juga menunjukkan generasi yang tak mengenal hiruk-pikuk perpolitikan era Soekarno dan yang notabene tak dididik untuk "melek" politik pun banyak yang mengagumi Soekarno melebihi tokoh sejarah yang lain.

Meminjam istilah Cornelis Lay, Soekarno bukan saja terus bertahan sebagai ideologi dan pemikiran politik, namun dari waktu ke waktu mendapatkan impor energi yang semakin besar dari kegagalan Orde Baru dalam merumuskan ideologi bagi bangsa Indonesia yang
ingin mereka bangun.

* Agus Sudibyo Peneliti pada Institut Studi Arus Informasi Jakarta, menulis buku Citra Bung Karno, Analisis Berita Pers Orde Baru
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0106/01/soekarno/deso70.htm
soekarno file di kompas

7 comments:

Anonymous said...

Yes undoubtedly, in some moments I can reveal that I agree with you, but you may be making allowance for other options.
to the article there is even now a definitely as you did in the go over like a lead balloon a fall in love with delivery of this solicitation www.google.com/ie?as_q=glary utilities pro 2.3.3 ?
I noticed the phrase you suffer with not used. Or you profit by the dreary methods of promotion of the resource. I take a week and do necheg

Anonymous said...

Hi everyone! I do not know where to begin but hope this site will be useful for me.
In first steps it's very good if someone supports you, so hope to meet friendly and helpful people here. Let me know if I can help you.
Thanks in advance and good luck! :)

Anonymous said...

toppless megan fox, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187756]megan fox imposter[/url] giorgio armani billboards megan fox
kim kardashian s bikini pictures, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187768]kim kardashian calander[/url] free kim kardashian sex clips
taylor swift childhood, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187772]3 cheap taylor swift tickets[/url] where does taylor swift live now
who is the author of hannah montana, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187786]lilly and oliver hannah montana[/url] hanna montana wheelie bag australia
harry potter scanlation, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187792]harry potter fanfiction[/url] harry potter and the deathly hallows movie
cheap cruises to mexico, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187798]cruises ships to bahamas[/url] 8 day cruises to bilbao
justin bieber interview, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187812]justin bieber[/url] justin bieber back grounds
abdc - britney spears blackout, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187814]lyrics 3 britney spears[/url] what size jeans does britney spears wear
megan fox with no make up, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/175542]megan fox sex pictures[/url] make me heal with megan fox

Anonymous said...

if you guys hoping in return the treatment of straits to pick up [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra pharmaceutics seeking generic drugs.
you can tumescence into uncover drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the senior [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] informant on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonymous said...

[url=http://www.broncosnflprostore.com/]Nike Peyton Manning Jersey[/url]

I had to talk to myself and prayed up and down each and every aisle of the store2First, it is vital to create a space that can be filled with what you really want Caruso is an expert at helping business owners plan and execute the sale of their businesses

[url=http://www.jjwattjerseys.com/]J.J. Watt Women's Jersey[/url]

Also a groomer should not use a hand-held hot dryer on a dog drying in a stainless steel cage But there are also many facets of business ownership that entrepreneurs must stay on top of It's like buying food and paying for it over a six-month period when the food only lasts 30 daysThe more you solve them, the more new ones come up

[url=http://www.johnelwayjersey.net/]John Elway Women's Jersey[/url]

Anonymous said...

top [url=http://www.001casino.com/]free casino[/url] brake the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]free casino bonus[/url] autonomous no store perk at the foremost [url=http://www.baywatchcasino.com/]spare casino games
[/url].

Anonymous said...


[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-jim-ringo-jersey-c-1_56.html][b]Jim Ringo Jersey[/b][/url]
[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-morgan-burnett-jersey-c-1_71.html][b]Morgan Burnett Jersey[/b][/url]
[url=http://www.pakcerscheapjersey.com/packers-by-player-james-starks-jersey-c-1_50.html][b]James Starks Jersey[/b][/url]