Wednesday, May 31, 2006

61 Tahun PACASILA

Seorang polisi menangkap pengemudi yang lalai dengan rambu-rambu lalu lintas, Untungnya Pak Polisi adalah seorang yang ber-Pancasila, sehingga tidak menilang/ngompas/meras sang pengemudi, namun meberi hukuman ringan bagi sang pengemudi.

P'Polisi : Bapak saya beri hukuman !! Bapak harus sebutkan kelima isi Pancasila !!!
Pengemudi : Dengan sedikit mengkerut, wah gampang Pak

Lalu sang pengemudi dengan lantang memulai deklamasi Pancasila, seperti gaya Upacara.

Pengemudi : Pancasila
Pengemudi : satu
Pengemudi : Ketuhanan Yang Maha Esa

lalu kening sang pengemudi mengkerut lagi, berusaha mengingat sila yang lainnya, dengan suara lantang dia berucap

Pengemudi : 2, 3, 4, 5 tetap seperti semula

ternyata sang pengemudi telah lupa isi Pancasila

Sang Polisi hanya menggeleng, tanpa bisa berbuat apa-apa lagi, hanya menasehati sang pengemudi agar jangan mengulangi kesalahan yang sama.


Mungkin inilah gambaran masyarakat Indonesia masa kini, entah dia berpendidikan atau bahkan yang buta huruf sekalipun, seandainya mengerti FALSAFAH negara yang telah dibangun para FOUNDING FATHERS terdahulu, kita tidak akan melihat kebebesan beragama yang terkekang, Kita tidak akan melihat manusia-manusia biadap yang hanya berhasrat untuk memenuhi kebutuhannya atau kelompoknya saja, kita tidak akan melihat perpecahan yang ada "SARA", kita tidak akan melihat kesemana menaan yang terjadi dimulai dari kalangan atas sampai bawahan, kita tidak akan melihat ketidak adilan yang masih nampak dimana-dimana.

Mengaku sebagai manusia beradab, mengaku sebagi menusia beragama, mengaku sebagai manusia bermoral, dan berbagai macam tameng-tameng kebaikan yang lainnya yang melekat pada manusia-manusia Indonesia, Namun sebanyak tameng itu pula kejahatan yang ada di negeri ini, mungkin tidak ada jenis kejahatan dan kemunafikan yang tak didapati di negeri ini, atau mungkin kejahatan/kemunafikan identik dengan kebaikan di negeri ini, sejak kapan ya ...!!!

Entah sampai kapan negeri ini sampai seperti ini, mungkin setelah kiamat akan berubah !!!!

Telah 61 Tahun Pancasila berdiri tegak, mungkinkah identitas suatu bangsa belum nyata dengan usia FALSAFAH yang sebegitu umur ? atau memang bangsa ini masih muda kali ya, tapi dengan parameter apakah untuk menentukan identitas suatu bangsa ? Bolehkah dengan membandingkan dengan negara maju yang telah lama merdeka ? Memang bangsa ini masih berumur 78 Tahun jika diukur sejak tahun 1928,namun tetangga kita yang kemerdekaannya menyusul, ternyata telah lebih maju, so what gitu loh !!!

Atau mungkin burung Garuda sebagai lambang Pancasila, sedang terbang entah kemana dan lupa sarangnya ? semoga tidak !!

No comments: